Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tahun Depan Ratusan Bus Listrik Beroperasi di Bandara dan Ibu Kota

Bus listrik MAB
Sumber :

100kpj – Bukan hanya kendaraan pribadi yang digenjot agar lebih ramah lingkungan, namun transportasi umum juga demikian. Maka untuk mengurangi polusi udara, Transjakarta mulai beralih dari mesin pembakaran ke tenaga listrik.

Mengingat bus pelahap seterum tidak mengahasilkan emisi gas buang, maka sangat membantu untuk mengurangi polusi udara di DKI. Bahkan sebagai langkah awal, Transjakarta sudah memesan puluhan unit bus listrik.

Bus tanpa suara tersebut dipesan dari MAB (Mobil Anak Bangsa). Bukan hanya itu, perusahaan penyedia bus listrik yang digawangi Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI Purnawirawan, Moeldoko itu juga banjir pesanan.

Sebab PPD (Perum Pengangkut Penumpang Djakarta) turut memesan bus listrik anak bangsa tersebut, bahkan jumlahnya hingga ratusan unit. Namun bus ramah lingkungan tersebut baru akan dikirim oleh MAB di tahun depan.

“Transjakarta sudah 30 unit yang kami sedang kerjakan. 2020 dari PPD juga minta 130 unit, terus Garuda juga minta, Mitsui juga minta beberapa banyak yang minta,” ujar Moeldoko di Balai Kartini Jakarta, Kamis 5 September 2019. 

Dia menjelaskan, untuk penggunaannya masing-masing memiliki koridor. Seperti Transjakarta sudah pasti di jalanan umum dalam kota, sedangkan Garuda sebagai perusahaan pesawat terbang akan menggunakan bus listriknya di bandara.

Berita Terkait
hitlog-analytic