Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Anindiya Bakrie Ungkap Besarnya Potensi Bisnis Bus Listrik, Cuma di Jakarta Bisa Rp40 Triliun

Anindya Novyan Bakrie
Sumber :

100kpj – Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) sekaligus Komisaris Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Anindya Bakrie, mengungkapkan besarnya potensi bisnis dari bus listrik di Indonesia. Bahkan, hanya di Jakarta saja bisa capai Rp40 Triliun.

Disebutkan jika dari 200.000 unit bus yang ada di Indonesia saat ini, sekitar 10.000 unitnya berada di Jakarta berdasarkan riset dari VKTR. Dari jumlah tersebut, Anindya pun mengungkap pangsa pasar dari segi bisnis, yang bisa diciptakan dari bus listrik untuk di kota besar.

“Jadi 10.000 unit bus di Jakarta itu pun sudah bicara dengan angka yang sangat besar, yaitu bisa Rp 40 triliun sendiri. Belum lagi kalau 200.000 unit, itu angka yang jauh lebih besar,” kata Anindya di acara 'VKTR Media Gathering', kawasan Kuningan , Jakarta Selatan, Senin, 29 Mei 2023.

Nilai tersebut belum termasuk skala bisnis yang sebenarnya bisa dimaksimalkan melalui operasional TransJakarta, sebagai Bus Rapid Transit (BRT) di Jakarta, yang total panjang trayeknya mencapai hingga 250 km dan menjadi yang terpanjang di dunia.

“Jadi dengan gabungan 10.000 unit sebagai jumlah yang besar, lalu dengan trayek 250 km, pantas saja di Jakarta suka macet, suka ribut, dan polusinya besar,” ujarnya.

Serah Terima Bus Listrik VKTR

Karenanya, dengan adanya peluang bisnis yang besar tersebut, Anindya pun mengambil langkah berani membawa EV produksian BYD untuk bisa mengaspal di Indonesia. VKTR melakukannya dengan optimisme bahwa listrik bus memiliki potensi yang cerah di Tanah Air.

Berita Terkait
hitlog-analytic