Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Polusi di Jakarta Memburuk, Pemprov DKI Bakal Operasikan 100 Bus Listrik

Bus listrik transjakarta
Sumber :

100kpj – Pencemaran udara atau polusi udara yang makini kritis beberapa waktu terakhir, membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta langsung bergerak. Lewat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengoperasikan 100 bus listrik dalam waktu dekat.

Berdasarkan data Indeks Kualitas Udara (AQI) Air, indeks kualitas polusi udara di Jakarta sudah masuk kategori tidak sehat dan bahkan sempat menduduki peringkat kedua negara dengan kadar udara di dunia pada 178 AQI.

Padatnya kendaraan di Ibu Kota masih jadi salah satu penyebabnya. Maka itu, Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan operasional bus listrik itu diharapkan bisa mengurangi polusi udara di Jakarta.

"Tahun ini ada sebanyak 100 unit bus listrik yang akan dioperasionalkan oleh PT Transjakarta sebagai upaya untuk mendorong elektrifikasi di layanan angkutan umum," kata Syafrin, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi polusi udara di DKI Jakarta

Guna mengatasi polusi udara Jakarta, Syafrin juga mengatakan pihaknya mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi menjadi layanan angkutan umum dan kendaraan listrik. Insentif pun sudah diberikan bagi yang mau beli kendaraan listrik.

"Kami mendorong elektrifikasi di sektor angkutan umum maupun kendaraan bermotor, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini telah memberikan insentif bagi masyarakat yang membeli kendaraan bermotor listrik di mana BBNKB (bea balik nama kendaraan bermotor) nol rupiah," ucapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic