Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mudik Lebaran 28 Juta Warga Siap Tinggalkan Jabodetabek, Mobil Pribadi dan Motor Jadi Favorit

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor
Sumber :

100kpj – Mudik lebaran tahun ini akan lebih padat, karena meningkat drastis dari tahun sebelumnya. Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memprediksi puluhan juta orang keluar Jabodetabek.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, musim mudik lebaran tahun ini diprediksi ada 28,4 juta orang yang akan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

Soal alat transportasi yang digunakan dari puluhan juta warga tersebut, pengguna transportasi umum hanya menyumbang sekian persen, atau lebih sedikit dibandingkan mobil pribadi dan motor masih menjadi favorit.

“Wilayah Jabodetabek ada lebih kurang 7,9 juta masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum, daritotal 28,4 juta pemudik. Mayoritas otomatis akan tetap didominasi kendaraan roda empat,” ujarnya kepada wartawan, dikutip, Rabu 3 April 2024.

Sementara masyarakat, atau pemudik yang menggunakan sepeda motor juga tidak kalah banyak dibandingkan mobil pribadi. Menurutnya ada kenaikkan 50 persen pengguna kendaraan roda dua saat mudik tahun ini.

Oleh sebab itu, Dishub DKI berupaya menawarka program mudik gratis, dan mengangkut sepeda motor para pemudik sampai tempat terdekat.

Kuota mudik gratis di tahun ini untuk 18.760 ribu masyarakat. Memanfatkan 259 armada, atau alat transportasi dengan 19 tujuan daerah di Indonesia. 

Berita Terkait
hitlog-analytic