Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Akibatnya Jika Truk ODOL Berhasil Masuk Jalan Tol

Truk ODOL Ditilang
Sumber :

100kpj – Keberadaan Truk ODOL (Over Dimension dan Over Load), atau muatan yang berlebih punya dampak negatif baik terhadap keselamatan maupun infrastruktur, khususnya jalan raya.

Nah, salah satu faktor yang menyebabkan kondisi jalan tol mudah rusak dan berlubang, serta dapat menimbulkan resiko kecelakaan itu disebabkan oleh kendaraan dengan kapasitas beban yang lebih.

Pasalnya keberadaan truk ODOL dinilai sangat merugikan operator jalan tol l, dan meningkatkan risiko kecelakaan, serta inefisiensi akibat kondisi jalan rusak yang ditimbulkan.

Seperti dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol, kerusakan jalan akibat ODOL juga memicu peningkatan anggaran untuk pemeliharaan jalan nasional, jalan tol, dan jalan provinsi dengan rata-rata Rp 43,45 T per tahun.

Truk ODOL

Sehingga truk ODOL dinilai sangat merugikan operator jalan tol dan meningkatkan risiko kecelakaan, serta inefisiensi akibat kondisi jalan rusak dan meningkatkan polusi udara akibat gas buang yang berlebih yang ditimbulkan.

Berdasarkan data Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), kendaraan yang paling banyak melakukan pelanggaran Over Dimension dan Over Load (ODOL) adalah golongan II dan III, namun untuk kendaraan Gol IV dan V sudah mulai tertib.

Berita Terkait
hitlog-analytic