Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengejutkan Pertamina Turunkan Harga BBM Per 1 September

SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj – Pemerintah kabarnya akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, seperti Pertalite, dan Solar. Hal itu dilakukan karena selama ini negar sudah memberikan subsidi yang terlalu besar.

Pertalite saat ini dibanderol Rp7.650 ribu per liter, normalnya harga BBM dengan RON 90 itu bisa dua kali lipat lebih jika tidak diberikan subsidi, atau Rp14.450 per liter.

Bahkan jika mengikuti harga minyak dunia dalam hitungan mata uang dolar Amerika Serikat, Pertalite bisa tembus di angka Rp14.700.

Selain itu, solar dijual jauh dari harga keekonomian. Dengan nilai tukar Rp14.450 per dolar AS, seharusnya harga per liter Rp13.950. Namun karena mendapat subsidi, solar saat ini dijual Rp5.150 per liter.

Di balik isu kenaikan harga tersebut, ternyata PT Pertamina Persero malah menurunkan harga BBM non subsidi, per 1 September 2022. Diumumkan melalui keterangan resminya di MyPertamina.

Melalui anak usahnya, PT Pertamina Patra Niaga resmi menurunkan harga bahan bakar non subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite.

Sementara itu harga Pertalite di seluruh daerah Indonesia tetap Rp7.650 per liter. Sedangkan untuk jenis pertamax, harga juga masih tetap, yakni berkisar Rp2.500 hingga Rp13.000 per liter, namun untuk Jakarta harganya tetap Rp12.500 per liter. 

Berita Terkait
hitlog-analytic