Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3 Cara Pembayaran Tol Nirsentuh yang Berlaku di Indonesia

Gerbang Tol Cikampek Utama
Sumber :

100kpj – Jalan tol di Indonesia akan diberlakukan Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa berhenti pada akhir Desember 2022. Setidaknya ada 3 cara pembayaran yang bisa dilakukan para pengguna jalan bebas tanpa hambatan tersebut.

Recana tol nirsentuh ini disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). MLFF sendiri akan dirilis kepada masyarakat pada Juli 2022, lalu akan digelar sosialisasi secara masif.

Pilot project MLFF digelar pada kuartal III tahun 2022, hingga Desember 2022 sudah bisa dilaksanakan, atau secara penuh pada September 2023. Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Galuh Permana Waluyo, mengungkapkan cara pembayarannya. Pertama adalah lewat aplikasi yang bisa diunduh lewat smartphone Anda, bernama e-On Board Unit (OBU) pada Juli 2022.

Bayar Tol Pakai E-Toll

Aplikasi ini terintegrasi dengan sistem pembayaran di gerbang tol. Yang kedua menggunakan OBU yang terpasang di kendaraan, di mana perangkat langsung terintegrasi untuk melakukan pembayaran.

"Ini alatnya mahal dan masyarakat harus membeli alat dulu," kata Galuh, dalam webinar di akun Youtube ITS Indonesia, beberapa waktu lalu.

Cara yang ketiga dengan electronic route ticket atau tiket sekali jalan untuk masyarakat yang tidak sering menggunakan jalan tol. "Masyarakat bisa memilih cara sesuai kebutuhan. Misalnya jika tidak sering memakai jalan tol, mungkin masyarakat bisa memanfaatkan tiket sekali jalan," jelasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic