Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Heboh Jalan Tol Semarang-Demak Akan Dibuat dari Bambu, Kok Bisa?

Jalan Tol Cipularang
Sumber :

100kpj – Jalan tol merupakan solusi untuk menghubungkan suatu daerah melalui jalur darat. Jalan bebas hambatan itu saling terhubung, mengandalkan beton, atau aspal berkualitas sebagai bahan baku utamanya.

Tentu cukup banyak pertimbangan untuk membuat jalan tol, terutama bahan dasarnya. Mengingat semua jenis kendaraan mulai dari mobil penumpang, komersial pengangkut barang, hingga alat berat melewatinya.

Sehingga dibutuhkan kontrusi yang kokoh, serta penggunaan bahan dasar yang tepat agar jalan tol kuat dan tidak mudah hancur. Maka tidak heran jika rencana Kementerian Pembangunan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jalan tol menggunakan bambu menjadi perhatian.

Berdasarkan unggahan foto akun Instagram @pupr_binamarga, Senin 27 September 2021, untuk Jalan Tol Semarang-Demak akan menggunakan bambu sebagai bahan utama pembuatan jalan bebas hambatan tersebut. 

Selain jalan, bambu digunakan sebagai kontruksi untuk tanggul laut. Mengingat fungsinya yang vital, maka PUPR sedang mengukur kelayakan sebagai sistem matras guna meningkatkan daya dukung tanah dasar di lokasi konstruksi jalan.

Pengujian ini dilakukan karena konstruksi tanggul laut yang terintegrasi dengan jalan tol akan dibangun di atas tanah dengan klasifikasi very soft soil. Diuji sebagai tarik sistem matras bambu, dan kelenturan sistem matras bambu. 

Berita Terkait
hitlog-analytic