Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gegara Warga RI Mampu Beli Mobil Rp250 Juta, Ekspor Mobil Terhambat?

Suzuki All New Ertiga diekspor
Sumber :

100kpj – Pasar mobil di Indonesia memang punya ciri khas dan perbedaan jika dibandingkan dengan pasar mobil di negara lain, pasalnya masyarakat di Indonesia lebih suka dengan mobil jenis MPV dan LCGC. Uniknya minat warga Indonesia terhadap mobil MPV, ternyata dapat berpengaruh terhadap ekspor mobil yang sudah dilakukan Indonesia.

Data Gaikindo yang memperlihatkan pada tahun 2019 market mobil MPV mencapai 747.635 unit dan LCGC mencapai 245.029 unit.

"Daya beli orang Indonesia itu kebanyakan mampu beli mobil yang harganya di bawah Rp250 juta, mobil MPV dan LCGC ditawarkan pada kisaran harga segitu. Karena itu pula akan berpengaruh kepada ekspor yang dilakukan Indonesia," bilang Jongkie Sugiarto, Ketua 1 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Pasalnya Jongkie lebih lanjut menjelaskan bahwa kalau Indonesia mau menambah jumlah ekspor mobil, kita harus tahu dulu kebutuhan dan permintaan pasar mobil global. Pasar mobil global pada tahun 2019 didominasi oleh SUV dan sedan, sementara di Indonesia MPV dan LCGC sehingga tentu dapat berpengaruh terhadap target penambahan jumlah ekspor mobil yang dilakukan Indonesia.

ekspor mobil

"Kenapa Thailand jumlah ekspornya sudah mencapai 1 juta unit, sedangkan Indonesia belum? Thailand itu istilahnya 'palugada' sehingga mereka bisa memproduksi mobil yang yang diminta global. Nah, Indonesia kalau mau menambah jumlah ekspor mobil, belajarlah dari Thailand," tambahnya.

Menurut Jongkie ada angin segar dengan berubahnya aturan soal pajak, yang akan berlaku pada bulan Oktober 2021 mendatang. Jadi nantinya pajak tidak mengacu pada jenis kendaraan tapi pada emisi.

Berita Terkait
hitlog-analytic