Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebanyak Ini Peminat Mobil Listrik Buatan Bekasi Hingga Siap Ekspor

Interior Chery Omoda E5

100kpj – Ada beberapa pabrikan otomotif yang memanfaatkan kawasan Bekasi, Jawa Barat untuk mendirikan pabrik perakitan, atau produksi kendaraan. Salah satunya mobil listrik besutan PT Chery Sales Indonesia (CSI).

Produsen mobil asal China itu memanfaatkan pabrik PT Handal Indonesia Motor untuk produksi mobil listrik pertamanya, yaitu Chery Omoda E5. Menariknya Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang menjualnya.

Chery Omoda E5 di IIMS 2024

Chery Omoda E5 diproduksi bersama dengan mobil listrik Neta V di satu pabrik bekas Hyundai di Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat. SUV listrik itu memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 40 persen.

Sehingga berhak menikmati insentif pemerintah berupa diskon PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10 persen. Sejak keran pemesanan dibuka pada Agustus 2023, hingga saat ini sudah 2.400 SPK (surat pemesanan kendaraan).

Dari angka tersebut baru sebagian konsumen yang sudah menerima unit, atau diproses hingga pembelian. Tingginya minat konsumen, produksi mobil listrik besutan Bekasi tersebut akan ditingkatkan.

“Kami ingin tingkatkan produksi menjadi 1.000 unit sampai 1.500 unit per bulan. Kami lihat ada peluang ekspor untuk mobil Chery di masa mendatang,” ujar Assistant Vice President PT CSI, Zeng Shuo di Tangerang, dikutip, Selasa 12 Maret 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic