Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Listrik Chery Omoda E5 Buatan RI Mulai Ekspor Pertengahan 2024

Chery Omoda E5 di IIMS 2024

100kpj - Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan Chery Omoda E5, atau mobil listrik kedua Chery di pasar global setelah eQ1. Bukan hanya menyasar pasar domestik, namun Omoda E5 , dan juga Tiggo 5X siap di ekspor.

"Seluruh kendaraan kita nantinya akan ekspor termasuk Omoda E5 juga Tiggo 5X. Tujuannya adalah negara yang menggunakan setir kanan,” ujar Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, Qu Jizong di Jakarta, dikutip, Jumat 22 Maret 2024.

Chery Omoda E5

Chery Omoda E5 yang debut Februari 2024 langaung diproduksi di dalam negeri dengan memanfaatkan pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat, dan memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 40 persen.

Mengingat kandungan lokalnya sudah sesuai syarat pemerintah, maka mobil listrik bergaya SUV (Sport Utility Vehicle) itu berhak menikmati insentif berupa diskon PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10 persen, serta bebas PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah).

Pabrik yang awalnya merakit mobil-mobil Hyundai itu dimanfaatkan untuk produksi lineup Chery termasuk Omoda E5. Selain itu menjadi tempat pembuatan mobil listrik Neta, dan Jetour sebagai aliansi Chery yang akan hadir di Indonesia.

Oleh sebab itu, produsen mobil asal Tiongkok tersebut meminta kepada pabrikan agar meningkatkan kapasitas produksi, sehingga bisa segera memenuhi permintaan pasar ekspor yang akan mulai dijalankan tahun ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic