Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terlibat Skandal Keselamatan, Hari Ini Nasib Daihatsu Gran Max Buatan RI Ditentukan

Uji tes tabrak mobil pikap Daihatsu Gran Max di Jepang

100kpj – Daihatsu Gran Max menjadi salah satu model yang masuk skandal uji keselamatan. Hari ini, Jumat 15 Maret 2024 penentuan nasib Gran Max buatan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap di ekspor ke negara tertentu.

Sebelumnya Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang sudah memberikan sanksi pada Daihatsu Motor Corporation atas kasus manipulasi hasil uji tabrak Gran Max di Kota Ryuo. 

Daihatsu New Gran Max

Uji tabrak digelar untuk mengevaluasi kinerja keselamatan kendaraan penumpang jika terjadi tabrakan. Daihatsu Gran Max yang menabrak dinding beton dengan kecepatan 50 km per jam, dengan tujuan untuk memverifikasi efektivitas pengembangan kantung udara, dan fungsi sabuk pengaman.

Tes ini dilakukan setelah Daihatsu mengakui penipuan sertifikasi, di mana perusahaan tersebut ditemukan melakukan tes kecurangan untuk menggunakan kantung udara melalui pengatur waktu, bukan melalui sensor benturan.

Pemerintah Jepang sudah menggugurkan sertifikasi uji model kembar mobil tersebut yang meliputi, Toyota TownAce dan Mazda Bongo sehingga ketiganya dilarang diproduksi massal untuk sementara waktu, atau di ekspor.

Imbas skandal ini, ADM ikut diinstruksikan untuk menghentikan pengiriman ketiga model tersebut, terutama ke Jepang. Lalu gimana dengan tujuan ekspor negara lain, dan nasibnya di negeri sakura?

Berita Terkait
hitlog-analytic