Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pabrik Hyundai di Cikarang Hampir Jadi, Siap Produksi Pesaing Avanza?

Ilustrasi Pabrik Hyundai
Sumber :

100kpj – Sejak 2019 Hyundai Motor Company resmi menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan pemerintah Indonesia terkait pembangunan pabrik baru di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Pusat manufaktur seluas 77,6 hektar itu menjadi yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Nilai investasi yang dikucurkan US$1,55 miliar atau setara Rp21 triliun lebih, termasuk biaya operasional dan juga pengembangan produk.

Calon MPV Hyundai

Proses pembangunan pabrik dimulai sejak Desember tahun lalu. Targetnya bisa produksi massal pada paruh kedua 2021 dengan kapasitas 150 ribu unit. Namun secara maksimal dapat memproduksi hingga 250 ribu unit per tahun.

Beragam model akan diproduksi, seperti SUV, MPV kompak, dan beberapa jenis sedan yang dirancang khusus untuk pasar Asia Tenggara. Pabrik itu memiliki beragam fasilitas diantaranya pengelasan, stamping, perakitan, dan pengecatan.

Chief Offcer Operation PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur mengatakan, pabrik tersebut masih dalam tahap pembangunan. Namun dalam waktu dekat akan segera rampung, dan diharapkan bisa mulai produksi pada akhir tahun ini.

“Progress pabrik kami sudah 90 persen saat ini. Kita tetap on track walaupun pandemi, harpannya akhir tahun ini bisa produksi mobil Hyundai pertama buatan Indonesia,” ujarnya melalui virtual baru-baru ini. 

Berita Terkait
hitlog-analytic