Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Heboh Bayar Tol Enggak Harus Injak Rem, Kapan Realisasinya?

Bayar Tol Pakai E-Toll
Sumber :

100kpj – Pada bulan Januari 2021 lalu, Kementerian PUPR yang bekerja sama dengan perusahaan dari Hungaria pemenang lelang akan membangun perangkat pendukung Multi Lane Free Flow (MLFF), atau sebuah sistem transaksi tol nirsentuh, dengan basis sistem navigasi satelit pada pertengahan tahun ini.

Solusi teknologi yang akan diterapkan berbasis GNSS (Global Navigation Satelite System), yang merupakan teknologi paling mutakhir dalam sistem transaksi Nontunai Nirsentuh berbasis MLFF. 

Sementara itu heboh di media sosial, beberapa video yang memperlihatkan cara baru membayar tol. Dalam video itu, terlihat mobil lewat gerbang tol tanpa berhenti. Sang pengemudi juga tidak membuka kaca, untuk menempelkan kartu elektronik untuk melakukan pembayaran.

Cara baru tersebut disebut dengan pembayaran nirsentuh, di mana gerbang memakai teknologi Radio Frequency Identification atau RFID. Caranya dengan menempelkan sebuah stiker ditempelkan di lampu depan mobil sebagai media komunikasi dengan alat yang ada di gerbang tol. Stiker tersebut terhubung ke aplikasi yang diunduh di ponsel.

Gerbang Tol Cikampek Utama

Posisi lampu depan merupakan tempat yang pas karena stiker harus ditempelkan pada area yang terbebas dari unsur logam.

Pemasangan di kaca depan tidak bisa dilakukan, sebab sinyal radio bisa terganggu oleh adanya kaca film. Dengan memasang stiker tersebut, pemilik kendaraan bisa melewati gerbang tol dengan kecepatan 20 km/jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic