Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Setelah Mobil Pedesaan, Sukiyat Siap Bikin SUV Untuk Saingi Esemka?

Bayi Amdes
Sumber :

100kpj – Mobil Esemka belakangan ini kembali menjadi sorotan. Terutama saat pakar telematika Roy Suryo membahas sosok Sukiyat di media sosial, sebagai inisiator mobil Esemka ketika Presiden Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo.

Dalam akun Twitter pribadinya, Roy Suryo membagikan tangkapan gambar berisi curhatan Sukiyat di pesan singkat. Pada kesempatan tersebut, pencetus Esemka masih merasakan luka mendalam, karena tidak dihargai oleh negara.

Baca juga: Jokowi Pernah Mandikan Mobil Esemka Pakai Air Kembang, Apa Tujuannya?

“Betul, (saya) iniasiator asli, dan pemikir asli tapi dikorbankan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Pak Roy lah saksi pertama kali yang mengetahui dan membawa (mobil Esemka) ke Jakarta,” tulis pesan Sukiyat.

Setelah drama panjang itu bergulir, akhirnya pada 2019 lalu Presiden Jokowi meresmikan hadirnya pabrik Esemka, dan produk pertamanya bernama Bima yang dikelola oleh PT Solo Manufactur Kreasi sebagai principalnya.

Sementara Sukiyat sebagai pencipta brand tersebut tidak dilibatkan. Mengingat pria 64 tahun itu sudah diberikan mainan baru, yakni sebagai pembuat AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) di bawah perusahaan PT Kiat Mahesa Wintor.

Berita Terkait
hitlog-analytic