Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menteri Perdagangan Ingin Innova dan Xpander Serbu Australia

Toyota Innova Baru
Sumber :

100kpj – Banyak produsen otomotif yang menyudahi produksi Australia karena industrinya tak secemerlang masa lalu. Sebab daya saing produk buatan mereka kalah saing dengan unit yang didatangkan dari negara lain.

Belum lagi, ekspor juga sulit untuk dilakukan karena biaya produksinya tidak bisa bersaing akibat tingginya upah di negara tersebut. Tapi hal tersebut malah bisa untungkan Indonesia.

Baca Juga: Mercedes Klaim Kuasai Pasar Premium di Indonesia, BMW Gak Ambil Pusing

Ini tak lain karena adanya perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement. Di mana, membuat produk otomotif Indonesia bisa dikirim ke Negeri Kanguru dan meningkatkan pemasukan negara, seperti mengekspor Toyota Innova dan Mitsubishi Xpander.

Mitsubishi Xpander

“Indonesia-Australia CEPA bisa dimanfaatkan untuk menggenjot orang Australia agar menggunakan Toyota Innova dan Mitsubishi Xpander buatan kita,” ujar Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dikutip dari VIVA Otomotif Jumat 29 Januari 2021.

Walau Mendag juga menyadari saat ini hal itu belum bisa dilakukan. Salah satu penyebabnya, yakni karena adanya perbedaan standar antara kedua negara.

Berita Terkait
hitlog-analytic