Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Asyik, Nanti Bayar Tol Enggak Harus Injak Rem

Gerbang Tol Cikampek Utama
Sumber :

100kpj – Perangkat pendukung Multi Lane Free Flow (MLFF) atau Sistem Transaksi Tol Nirsentuh, dengan basis sistem navigasi satelit rencananya akan mulai mulai dibangun di beberapa jalan tol di Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Apalagi Kementerian PUPRR telah menetapkan Roaxted Ltd dari Hungaria sebagai pemenang lelang sistem transaksi tol non tunai nirsentuh, melalui Surat Penetapan Menteri PUPR Nomor: PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021.

"Pertengahan tahun ini kita sudah memulai konstruksinya, sehingga kami berharap bahwa pada akhir tahun 2022 diharapkan semua jalan tol di Pulau Jawa dan Bali sudah bisa menggunakan Sistem MLFF, sehingga tidak ada lagi hambatan di jalan tol," ungkap Musfihin Dahlan, chief Representative Roatex, dikutip dari Viva.

Solusi teknologi yang akan diterapkan berbasis GNSS (Global Navigation Satelite System) yang merupakan teknologi paling mutakhir dalam sistem transaksi Nontunai Nirsentuh berbasis MLFF. 

Multi Lane Free Flow

Teknologi ini sangat terbuka bagi pengembangan untuk pelayanan jalan berbayar lainnya, seperti ERP (Electronic Road Payment), trafik manajemen berbasis data induk (Big Data), dynamic pricing, parking, dan lain-lain sesuai perkembangan kebutuhannya.

Solusi ini telah sukses diterapkan di Hungaria selama lebih dari tujuh tahun terakhir, yang dikelola oleh Hungarian Toll Services Company (NUZs).

Berita Terkait
hitlog-analytic