Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gelar Kasur di Mobil Saat Perjalanan Libur Tahun Baru Sangat Beresiko

Kasur Mobil
Sumber :

100kpj – Saat libur Natal dan Tahun Baru, warga perkotaan berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata atau pulang ke kampung halaman. Untuk menuju destinasi yang dituju, mobil pribadi tetap menjadi pilihan transportasi utama.

Alasannya karena dianggap lebih hemat ongkos, dan tidak repot jika ingin berpindah-pindah tempat. Namun ada beberapa resiko yang harus ditanggung para pelancong kalau mengendarai mobil sendiri, salah satunya kurang istirahat. 

Jika menggunakan transportasi umum, tentunya Anda memiliki waktu istirahat yang lebih banyak saat di tengah perjalanan. Sementara yang menggunakan kendaraan pribadi, pengemudi harus melipir ke rest area terdekat untuk beristrirahat.

Untuk mengakalinya, beberapa pemilik mobil meletakkan kasur di kabin. Bahkan kasur khusus mobil juga berbedar dipasaran. Di mana bangku baris kedua tidak perlu dilipat saat meletakkan kasur, karena ukurannya sesuai dengan kompartemen.

Jika Anda membawa teman yang juga pandai mengemudi tentu bisa ganti-gantian memanfaatkan kasur tersebut untuk tidur atau istirahat sejenak. Selain itu kasur tersebut bisa dimanfaatkan anak Anda yang kelelahan di jalan. Tapi apakah cara tersebut aman?

Pemilik Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, tidak disarankan untuk mengubah kabin mobil pribadi menjadi tempat tidur. Sebab ada beberapa faktor kemanan yang telah dilanggar dan dapat membahayakan. 

“Tempat tidur itu tidak mengikat orang, ketika terjadi deselerasi, tabrakan, terguling maka orang yang tidak terikat tersebut terkocok-kocok di dalam mobil,” ujarnya kepada 100KPJ, Senin 30 Desember 2019

Berita Terkait
hitlog-analytic