Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Naik Motor Trail untuk Orang Bertubuh Pendek

Yamaha WR155R
Sumber :

100kpjMotor trail atau off road rata-rata memiliki jarak tapak (ground clearance) yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan roda dua lainnya. Sebab, tunggangan tersebut kerap digunakan untuk menerjang lintasan ekstrem yang penuh tanah dan bebatuan.

Kenyataan itu membuat sebagian orang berpostur pendek kesulitan atau bahkan tak mampu mengendarainya. Lantas, bagaimana cara mengakali hal tersebut?

Instruktur Yamaha Racing Academy, Muhammad Arief mengatakan, orang-orang berpostur pendek sebenarnya bisa mengendarai motor trail dengan mudah. Syaratnya, mereka harus memahami posisi duduk atau riding position selama di kendaraan.

Yamaha WR155R

Pertama, upayakan saat berhenti atau diam, hanya satu kaki yang turun, bukan dua. Sebab, jika keduanya turun, maka yang ada malah jinjit, alias tidak menapak sempurna. Hal tersebut bisa mengganggu keseimbangan motor trail yang dikenal cukup berat.

“Untuk orang yang posturnya kurang tinggi, tipsnya jangan fokus menapak dua kaki saat berhenti. Jadi, satu aja. Karena dari segi kekuatan, lebih kuat menapak dengan satu kaki tapi sempurna, ketimbang dua tapi menjinjit,” ujar Arief saat berbincang dengan media di Hambalang, Jawa Barat, dikutip Rabu 15 Desember 2021.

Selain itu, saat hendak naik motor, usahakan posisi gear berada di gigi satu, bukan netral. Setelah itu, naiklah ke motor saat kondisinya masih terstandar. Jika sudah berada di atas, hempaskan standar, lalu tarik tuas gas.

Berita Terkait
hitlog-analytic