Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Perilaku yang Bisa Bikin Helm Tidak Nyaman

membersihkan helm
Sumber :

100kpj – Helm merupakan perangkat safety riding yang wajib digunakan oleh para pemotor ketika sedang mengendarai sepeda motor, alat ini berfungsi melindungi kepala dari benturan, yang bisa menyebabkan gegar otak atau pendarahan di bagian dalam.

Karena perannya yang sangat penting, maka helm harus dikenakan setiap kali berkendara dalam semua kondisi, baik panas maupun hujan. Tak heran, jika peranti ini juga membutuhkan perawatan, agar kondisi helm tetap terawat.

Agar nyaman dikenakan, bagian dalam helm dibuat dari bahan yang empuk dan lembut, yakni gabungan antara busa dengan kain. Seiring pemakaian, dua bahan tersebut terpapar oleh berbagai macam kotoran, seperti keringat dan air hujan.

Untuk membuatnya kembali bersih, maka bagian dalam helm perlu dicuci. Sebagian besar model yang dipasarkan saat ini, dibekali dengan busa yang dapat dilepas untuk memudahkan proses pembersihan.

Helm basah

Dilansir dari VIVA Otomotif, Senin 28 Desember 2020, mencuci helm bisa dilakukan sendiri di rumah. Syarat utamanya, pastikan helm tidak dibutuhkan selama beberapa jam karena butuh proses pengeringan.

Caranya mudah, lepas semua busa pelan-pelan agar bagian penguncinya tidak mudah rusak. Ada yang memakai perekat velcro, dan ada juga yang menggunakan model kancing.

Berita Terkait
hitlog-analytic