Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Canggihnya Helm Pintar Ini: Pakai Bluetooth, Bisa Deteksi Tabrakan

Smart Helm 'Quin Quest'.
Sumber :

100kpj – Berbeda dengan beberapa tahun lalu, kini helm telah dilengkapi sejumlah teknologi canggih. Sehingga, selain membuat pengendara aman dari kemungkinan celaka, pelindung kepala tersebut juga memberikan kenyamanan lebih bagi para penggunanya. Lantas, sejauh apa perkembangan teknologi helm saat ini?

Perusahaan rintisan atau startup asal Texas, Amerika Serikat, Quin Helmet baru saja mengenalkan helm baru berteknologi tinggi. Produk yang mulai dikembangkan sejak lama itu diberi nama Quin Quest. 

Baca juga: Gak Cuma Kelilipan, Ini Bahaya Lain Gunakan Helm Tanpa Visor

Secara tampilan, helm itu terlihat umum, alias sama seperti pengaman kepala full-face pada umumnya. Hanya saja, pabrikan telah membekali helm berbahan karbon tersebut dengan teknologi pintar, yakni Quin’s Intelliquin System yang bisa mendeteksi tabrakan dan mengirim informasi langsung ke pusat pertolongan.

Berbeda dari sejumlah helm lain dengan komunikasi terintegrasi, Quin Quest sama sekali tak memiliki kabel, speaker velcro, kenop, atau mikrofon terbuka. Segalanya dibuat ringkas supaya lebih ringan dan nyaman digunakan. Sementara bobotnya sendiri berkisar 1,6-1,7 kilogram.

“Helm modular serbaguna baru ini menawarkan pelanggan kami tambahan teknologi Quin. Sehingga, memungkinkan mereka untuk berkendara sendirian, namun tetap bisa terhubung,” kata pendiri dan CEO Quin Helmets, Ani Surabhi, dikutip dari Motorbikewriter, Jumat 13 November 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic