Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ngakak, Polisi Hukum Pelaku Balap Liar Ini Bisa Bikin Perut Keram

Pelaku balap liar yang dihukum Polisi

100kpj – Memacu kendaraan bermotor dalam kecepatan tinggi, kerap terjadi di jalanan Indonesia. Meski berisiko mencelakai diri sendiri, dan pengendara lain, pengendara yang terlibat aktivitas balapan liar seperti tak memiliki rasa takut.

Kegiatan ilegal ini dilakukan di jalanan umum yang bisa dilewati kendaraan. Para peserta balap liar serta penonton yang hadir, biasanya perlu menghentikan pengguna jalan lain saat ingin melakukan start bersama lawan mainnya.

Balapan liar itu biasanya dilakukan pada malam hari, meski begitu tetap saja berbahaya. Sebab selain memanfaatkan jalanan umum, namun para joki tidak mengenakan perlengkapan keamanan seperti helm, atau baju khusus balap.

Ilustrasi Balap Motor Liar

Selain itu, rata-rata motor yang digunakan untuk balap illegal tersebut tidak memenuhi standarisasi di jalan raya. Seperti halnya tidak menggunakan lampu, ban yang terlalu kecil, knalpot yang jelas berisik, dan tanpa bodi yang lengkap.

Karena dinilai sangat berbahaya bagi diri sendiri, dan orang lain, serta melanggar aturan berkendara di jalan raya, maka pihak kepolisian berhak melakukan tindakan tegas. Hukuman yang diberikan pada pelaku balap liar beragam.

Ada yang sekadar menahan motor yang digunakan, memberikan sanksi karena perlengkapan motor tidak sesuai. Hingga memberikan hukuman secara fisik seperti pushup, lari di tempat, atau sebagainya agar bermaksud jera.

Berita Terkait
hitlog-analytic