Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Batas Maksimal Barang yang Bisa Dibawa Motor saat Mudik, Dendanya Rp3 Juta

Mudik naik motor.
Sumber :

100kpj –  Sudah menjadi tradisi bagi orang Indonesia menjalankan mudik saat lebaran, dan kini banyak yang menggunakan motor sebagai alat transportasinya. Tak cuma penumpang, biasanya pemudik juga membawa barang muatan yang berlebih.

Padahal, ada berat maksimum yang diizinkan untuk dibawa oleh sepeda motor. Membawa beban atau muatan yang melebihi aturan kapasitas motor bisa menimbulkan bahaya, bukan pada diri sendiri sebagai pengemudi, akan tetapi juga pada orang lain.

Membawa barang yang terlalu banyak akan membuat pengendara menjadi sulit bermanuver saat motor dikendarai, karena beratnya muatan yang menyebabkan motor sulit untuk dikontrol. Selain itu, muatan berlebihan juga mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Hal itu karena pada saat motor mengenai lubang di jalan, suspensi akan sulit berfungsi normal atau sulit memantul akibat beban berlebih. Bahkan, motor juga berpotensi overheat hingga mengalami kerusakan.

Perlu diketahui juga oleh para pengendara motor, bahwa ada aturan dan sanksi tertulis jika membawa barang yang melebih kapasitas. Aturan itu tertulis di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

Mudik dengan motor.

Aturan ini menerangkan dengan jelas terkait ketentuan kapasitas motor sebagai berikut:

Berita Terkait
hitlog-analytic