Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Banyak Begal Berkeliaran di Jalan, Polisi Boleh Tembak Mati?

Penangkapan Pelaku Begal
Sumber :

100kpj – Semenjak pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, beberapa jalan utama di wilayah perkotaan menjadi sepi dan lengang. Kondisi tersebut membuat pelaku kejahatan lebih mudah melakoni aksinya. Salah satu yang belakangan sedang ramai ialah kasus pembegalan.

Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, berbagai media ramai memberitakan aksi begal kendaraan yang terjadi di berbagai lokasi. Kenyataan itu tentu membuat banyak pihak takut, terutama mereka yang masih harus ke luar malam untuk menuju atau pulang dari tempat kerja.

Baca juga: Begal Motor Banyak Keliaran di Jalan Raya, Begini Tips Jitu Biar Aman

Mengerikannya lagi, aksi pembegalan juga dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menghampiri korban lalu mengancamnya dengan senjata tajam, ada pula yang tanpa aba-aba langsung melancarkan aksi kekerasan hingga sang korban terluka atau bahkan kehilangan nyawa.

Namun tak jarang juga aksi pembegalan justru berakhir kejar-kejaran dengan polisi yang sedang bertugas. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Jalan Raya Bekasi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Seorang pembegal yang tertangkap saat menjalani aksi bejatnya diburu Tim Rajawali Polda Metro Jaya menggunakan sepeda motor hingga terpaksa ditembak.

Ilustrasi begal motor

Sebenarnya, aksi penembakan yang dilakukan polisi saat memburu pembegal di jalan raya merupakan hal yang sering terjadi. Pada satu wawancara di tahun 2018, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, tindakan tersebut diperbolehkan asal sesuai dengan standard operating procedure (SOP) kepolisian.

Berita Terkait
hitlog-analytic