Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pesawat Bidikan Prabowo, Nyaris Bentrok dengan Pesawat Tempur AS

Sukhoi SU-35
Sumber :

100kpjPesawat tempur SU-35 nyaris bentrok dengan pesawat tempur Amerika Serikat yakni P-84, ketegangan tersebut terjadi di wilayah Laut Mediterania, Minggu 19 April 2020 lalu. Sukhoi yang menjadi pesawat andalan Rusia ini dianggap mengancam armada militer Amerika Serikat.

Menurut laporan CNN yang diberitakan Viva, saat itu jet tempur Rusia Sukhoi SU-35 terbang mendekati pesawat patroli AS, P-84. Dalam pernyataan resminya, Angkatan Laut AS (US Navy) melaporkan bahwa, jet tempur dari negara Beruang Merah ini sudah melanggar aturan penerbangan internasional, apalagi pilot Rusia tersebut melakukan manuver yang tidak aman didekat P-84

"Saat pesawat Rusia beroperasi di wilayah udara internasional, interaksi ini sangat tidak bertanggung jawab. Kami berharap mereka berperilaku sesuai dengan standar internasioan dengan memastikan keselamatan dan mencegah insiden, apalagi tindakan yang tidak perlu dari pilot SU-35 Rusia, tidak konsisten dengan penerbangan yang baik, dan aturan internasional," kutipan pernyataan US Navy.

Sukhoi Su-35

Ketegangan antar militer Rusia dan AS memang bukan yang pertama kali. Ini adalah yang kedua kalinya jet tempur Rusia dianggap mengancam militer AS pada bulan ini. Sebelumnya, jet tempur AS, F-22 Raptor menghadang dan mengusir pesawat intai Rusia Ilyushin Il-38 yang memasuki wilayah Alaska. 

Sontak, kejadian itu membuat Komando Pertahanan Ruang Udara Amerika Utara (NORAD) mengeluarkan reaksi keras. Lalu pada 9 Maret 2020, F-22 Raptor juga mengusir persawat pengintai maritim Rusia, Tupolev Tu-142, di wilayah udara Laut Baeufort, Alaska.

Perlu diketahui bahwa, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengincar SU-35. Tapi kemungkinan bakal membatalkan pembelian 11 unit jet tempur Sukhoi SU-35, setelah adanya ancaman sanksi ekonomi dari Amerika Serikat melalui aturan yang tertulis di Countering America's Adversaries Through Sanctions Act.

Berita Terkait
hitlog-analytic