Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Prabowo Mau Singkong Jadi Bensin, BRIN: Indonesia Masih Impor Singkong

Gedung BRIN
Sumber :

100kpj –  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan bahwa rencananya membawa Indonesia dalam swamsembada energi terbarukan. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut produksi singkong dalam negeri untuk energi belum memadai.

Prabowo sebelumnya dalam orasi ilmiah saat Wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Bandung, Jawa Barat, mengatakan bahwa energi terbarukan yang bersumber dari tanaman sangat baik karena tidak membuat polusi. Terlebih, mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil yang tidak ramah lingkungan.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto

Baca Juga: Prabowo Janjikan Indonesia Setop Impor BBM, Sulap Singkong dan Tebu Jadi Bensin

“Kita nanti green energy dan kita akan swasembada energi bensin, dari mana? Dari etanol, etanol dari mana? Dari tebu dan singkong,” ucap Prabowo, pekan lalu.

Lebih lanjut, dia menyampaikan dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia mampu mengubah BBM jenis bio diesel seluruhnya berbahan baku dari kelapa sawit yang bertujuan untuk menghentikan impor bahan bakar dari luar negeri.

Perihal rencana pembuatan bensin dari singkong, BRIN mengungkapkan produksi singkong nasional untuk memenuhi kebutuhan bahan baku etanol sebagai sumber energi baru terbarukan masih belum memadai.

Berita Terkait
hitlog-analytic