Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Heboh Minta Naik Gaji, Ini Harta Berjalan Milik Ketua KPK

Firli Bahuri Ketua KPK
Sumber :

100kpj – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, menanggapi pemberitaan yang menyebutkan adanya permintaan kenaikan gaji sekitar Rp300 juta untuk pimpinan KPK. Firli menyebut, permintaan hak keungangan itu sudah diusulkan sejak kempimpinan Agus Rahardjo.

"Terkait usulan penyesuaian gaji pimpinan KPK sudah disampaikan atau diajukan oleh pimpinan lama zaman pak Agus Rahardjo dan kawan-kawan. Jauh sebelum pimpinan periode pimpinan KPK sekarang," kata Firli dikutip dari Vivanews, Jumat, 3 April 2020.

Firli tidak membantah adanya usulan itu. Tapi usulan tersebut sudah disampaikan sejak 15 Juli 2019, dan hingga kini belum ada informasi terkini terkait perkembangan revisi Pembahasan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2015, atas perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2006 tentang Hak Keuangan, Kedudukan Protokol, dan Perlindungan Keamanan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Firli menegaskan, saat ini pihaknya tidak akan melakukan pembahasan terkait hak keuangan dan fasilitas pimpinan KPK. Seluruh jajaran lembaga anti rasuah, lanjut Firli,  fokus untuk melakukan pencegahan, koordinasi dan monitoring pengadaan barang dan jasa dalam upaya penanganan panyebaran Covid-19. "Jadi kalaupun ada usulan tentang hak keuangan pimpinan KPK, kami seluruh pimpinan meminta dibatalkan dan tidak dibahas," kata Firli.

Nah sementara itu jika melihat harta kekayaannya, Firli memiliki total harta kekayaan sebesar Rp18 miliar. Angka itu didapat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilansir dari laman resmi KPK.

Selain harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp10 miliar yang terdapat di Lampung dan Bekasi, Firli juga punya koleksi kendaraan yang ada di dalam garasi rumahnya. Seperti kendaraan roda dua, yakni sepeda motor Honda Vario produksi tahun 2007 yang diperkirakan harganya RP2,5 juta, Yamaha NMAX produksi tahun 2016 harganya sekitar Rp19 juta.

Selain itu, Firli juga punya kendaraan roda empat yang dapat membantu mobilitasnya seperti Toyota LC Rado 27AT produksi tahun 2008, yang harganya sekitar Rp400 juta. Toyota Corolla Altis yang diproduksi tahun 2008, yang harganya diperkirakan Rp70 juta. Toyota Innova Venturrer 2.0 AT produksi tahun 2019 yang harganya sekitar Rp292.917.000 dan Toyota Fortuner produksi tahun 2018, yang diperkirakan harganya Rp390 juta. Nilai total harta berjalan yang dimiliki Firli sekitar Rp1,1 miliar.

Berita Terkait
hitlog-analytic