Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Meski Hanya Gerimis Jangan Tunda Pakai Jas Hujan, Ini Alasannya

Perawatan Motor Musim Hujan
Sumber :

100kpj – Curah hujan di berbagai daerah di Indonesia memang sedang tinggi, apalagi di Jakarta. Makanya pengendara sepeda motor sebaiknya jangan lupa membawa perlengkapan yang sesuai seperti jas hujan.

Ada baiknya ketika sedang berkendara, tidak menunda memakai jas hujan walaupun masih dalam kondisi gerimis. Seperti yang dilansir dari web resmi Astra Honda sebaiknya saat gerimis mulai turun, sebaiknya segera menepi atau berteduuh. pasalnya pada 10 menit pertama, debu dan pasir jalanan sedang tergerus air menuju ke pinggir sehingga jalan akan menjadi sangat licin. Lalu, segera gunakan jas hujan dengan model pakaian.

Jangan menunda untuk menggunakan jas hujan, karena banyak terjadi kecelakaan karena sepeda motor yang tiba-tiba berubah arah untuk menepi, saat tiba-tiba hujan menjadi deras, atau sepeda motor yang melakukan pengereman mendadak dan akhirnya tergelincir karena jalan yang licin.

Selain itu, ketika sedang berkendara dalam keadaan hujan sebaiknya menggunakan kecepatan rendah. Saat hujan daya cengkram roda tidak maksimal akibat efek aquaplaning serta kondisi kampas rem basah. Hal ini menyebabkan pengereman menjadi tidak efektif dan jarak pengereman lebih jauh bila di bandingkan dengan kondisi kering.

Hindari genangan air yang ada di jalan. Gunakan kecepatan rendah bila Brosis terpaksa untuk berkendara melalui genangan air tersebut. Hal ini dikarenakan kita tidak tahu kondisi jalan yang tertutup genangan air, seperti lubang atau kondisi jalan yang rusak.

Gunakan rem belakang lebih banyak dibanding dengan rem depan untuk menghindari roda depan kehilangan traksi dan lepas kendali. Jangan lupa, Brosis juga wajib untuk lebih peka terhadap lingkungan serta kondisi jalan saat berkendara dalam kondisi hujan.

Kalau dirasa hujan sudah terlalu deras, angin kencang, dan jarak pandang juga semakin buruk, sebaiknya segera berhenti di tempat yang aman. Brosis bisa berteduh di halte, pom bensin atau warung kopi. Jangan berteduh di sembarang tempat seperti kolong jembatan atau pohon ya, karena bisa berbahaya bagi diri sendiri, orang lain dan juga mengganggu lalu lintas.

Berita Terkait
hitlog-analytic