Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pantas Motor-mobil Nasional Mirip Buatan China, Ini Toh Sebabnya

Mobil SUV Esemka
Sumber :

100kpj – Industri otomotif Indonesia belakangan sedang bergelora, setelah banyak merek berlabel nasional turut meramaikan pasar. Bukan hanya motor, produk roda empat kini juga banyak tercipta melalui tangan-tangan anak bangsa. Lantas, sudah cukup merdeka kah kita dalam urusan mencipta? Nyatanya, tidak juga.

Secara tampilan, motor dan mobil buatan dalam negeri masih menyerupai produk lansiran China. Hal itu mengacu pada dimensi, bahasa desain, serta pemilihan warna yang diterapkan. Sehingga, timbul satu pertanyaan di benak masyarakat Indonesia, apakah kesamaan itu memang telah disepakati bersama, atau malah terjadi secara kebetulan? 

Baca juga: Marak Label Nasional di Balik Motor-Mobil China di RI, Siapa Bermain

Pengamat otomotif senior sekaligus pengajar di Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu menduga, beberapa perusahaan otomotif nasional sejatinya masih bertumpu pada China terkait pemenuhan unit produksi. Artinya, kendaraan yang diklaim sebagai karya anak bangsa, tidak sepenuhnya dibuat di dalam negeri.

Mobil Esemka Mirip Mobil China

Hal itu cukup beralasan, sebab perusahaan nasional bernama PT Indo Jaya Motor Electric atau IJME melalui motor listriknya, Elvindo, mengaku masih mengandalkan impor komponen dari China yang kemudian dirakit di Tanah Air. Bahkan menurut Yannes, fenomena seperti itu sudah menjadi perkara lumrah di Indonesia.

Pabrik Elvindo
Berita Terkait
hitlog-analytic