Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ferrari Ternyata Pernah Bikin Motor, Harganya Bikin Terkejut

Motor Ferrari
Sumber :

100kpj – Ferrari memang tidak bisa lepas dari kata ngebut, maklum dalam sejarahnya Ferrari memang tidak jauh-jauh dari sirkuit. Enzo Ferrari yang juga seorang pembalap awalnya tidak tertarik untuk memproduksi mobil, ketika mendirikan Scuderia Ferrari pada 1929 yang bermarkas di Modena, Italia. 

Namun karena kesulitan keuangan akhirnya Enzo Ferrari membuat kendaraan roda empat, mobil yang pertama memakai lencana Ferrari adalah 125 S, mobil tersebut memulai debutnya pada tahun 1947, dengan menggendong mesin V12 yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 118 tenaga kuda dan kecepatan tertinggi 130 mph.

Seiring perkembangannya Ferrari telah menciptakan beberapa mobil, selain itu Ferrari juga punya sejumlah model spesial yang hanya bisa dibeli oleh konsumen kelas atas, hingga akhirya ferrari dikenal sebagai perusahaan pembuat super car dengan harga selangit. Tapi siapa sangka, pabrikan yang logonya kuda jingkrak ini juga pernah membuat sepeda motor.

Motor Ferrari

Dilansir dari Rideapart, ternyata Ferrari pernah membuat sepeda motor pada tahun 1990 oleh David Kay dari David Kay Engineering. David berani membuat motor setelah mendapatkan izin secara tertulis dari Piero Ferrari yang merupakan putra dari Enzo Ferrari.

David Key awalnya membuat desain bodi secara khusus pada motor yang dibekali mesin empat silinder DOHC 900, tapi pada proses pembuatannya David tidak membuat motor ini sendirian. Urusan bodi yang terbuat dari alumunium dan knalpot megaphone dipercayakan kepada Terry Hall, sementara urusan suspensi upside down diberikan kepada Forcelle Italia, kemudian pelek ring 17 dibuat oleh Australite berikut peranti pengereman depan dan bekalang yang mengandalkan merek Brembo.

Motor yang diciptakan oleh David Key dan kawan-kawan ini memiliki bobot 172 kilogram, mesinnya mampu mengeluarkan tenaga maksimal 105 bhp pada 8.800 rpm dan mampu ngebut dengan kecepatan maksimal 265km/jam,

Berita Terkait
hitlog-analytic