Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Di Indonesia Diremehkan, Aryanto Misel Pencipta Bahan Bakar Air Dilirik Italia

Nikuba alat pengubah air jadi bahan bakar motor
Sumber :

100kpj – Pada 2020 nama Aryanto Misel sempat menjadi sorotan, karena berhasil mengubah air menjadi bahan bakar untuk motor. Warga Cirebon, Jawa Barat itu membuat alat khusus agar air bisa menghidupkan mesin. 

Alat tersebut diberi nama Nikuba, atau akronim dari Bahasa Jawa ‘Niku Banyu’ yang artinya ‘Ini Air’, alat itu mampu mengkonversi air melalui sistem pemisahan hydrogen dan oksigen yang telah dielektrolisa.

Nikuba yang memiliki berat sekitar 5 kilogram tersebut memanfaatkan hydrogen dari air yang disalurkan ke ruang pembakaran, hingga terjadi kompresi dan kemudian mesin bisa hidup seperti biasanya.

Konverter tersebut awalnya digunakan pada motor anggota TNI AD, tepatnya Kodam III Siliwangi, dan beberapa motor Babinsa. Namun sayangnya inovasi tersebut dianggap remeh oleh pemerintah terkait.

Salah satunya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sempat meremehkan karya warga Cirebon tersebut.

Saat itu salah satu peneliti laboratorium motor bakar BRIN, Arifin Nur menyebut, jika penemuan Aryanto benar, tentu sudah memenangkan lomba Shell Eco Marathon kelas Asia, dan dikontrak perusahaan otomotif dunia.

Sempat tenggelam tidak ada kabar, akhirnya Aryanto Misel membuktikan bahwa inovasinya tersebut mendapat lirikan dunia, bahkan pabrikan otomotif raksasa asal Eropa seperti Lamborghini, Ferrari, dan Ducati.

Berita Terkait
hitlog-analytic