Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Emak-emak Salah Nyalakan Sein, Dishub Depok: Kita Butuh Bantuan Ustaz

Kepala Dishub Depok, Dadang Wihana
Sumber :

100kpj – Sebagian dari kita mungkin sering bertanya-tanya, mengapa wanita paruh baya atau kerap disebut emak-emak sering salah menyalakan lampu sein? Ia memberikan tanda ke kiri, tapi malah menikung ke arah sebaliknya.

Menurut Komandan BM Polwan Polri, AKP Natalia Rungkat, ada beberapa alasan yang menyebabkan emak-emak sering salah menyalakan lampu sein. Paling umum, karena lupa atau tidak sadar telah menyalakan lampu.

Namun selain itu, ada alasan lain yang tak kalah vitalnya, salah satunya berkenaan dengan pemahaman terkait fungsi kendaraan.

“Beberapa ibu-ibu hanya menggunakan motor sebagai kendaraan saja, tak memahami fungsinya secara utuh. Pemahaman akan teknis dan tata cara berkendara yang baik juga perlu diberikan,” ujarnya saat berbincang dengan 100KPJ di Jakarta belum lama ini.

Emak-emak naik motor

Sedang menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok, Dadang Wihana, fenomena itu masih sering terjadi di kawasan yang menjadi medan kerjanya tersebut. Sejauh ini, pihaknya sedang berupaya memberikan edukasi masif pada emak-emak. Salah satunya, dengan meminta bantuan pemuka agama.

"Itu kan soal ibu-ibu yang sering salah nyalakan sein, udah biasa. Kami udah lakukan pendekatan dengan cara menyasar ibu-ibu pengajian, kayak kemarin contohnya di festival kasidah," ujarnya kepada 100KPJ di bilangan Jakarta Pusat, Selasa 17 Desember 2019.

Berita Terkait
hitlog-analytic