Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Inovasi Baru, Pemuda Malaysia Bikin Motor yang Bisa Jalan di Sungai

Motor Amfibi di Malaysia
Sumber :

100kpj – Saat berkendara, pengguna sepeda motor biasanya selalu menghindari medan berair. Jangankan sungai, melintasi genangan banjir saja bisa menyebabkan mesin mati dan memicu terjadinya penyakit water hammer.

Namun, dua pemuda asal Malaysia, Ikram Shahidi Mat Kail, dan adiknya Muhammad Zakaria, menciptakan inovasi baru dengan membuat sepeda motor amfibi yang bisa digunakan untuk menerjang sungai yang dalam. Kendati demikian, penemuan uniknya itu bersifat sederhana dan tak memerlukan modal besar.

Dilansir dari laman The Malaysian Reserve, Kamis 12 Desember 2019, motor yang dimodifikasi itu merupakan milik pribadi, yakni Modenas Kriss 110 dan Honda C70. Mereka menggunakan botol plastik sebagai tangki bensin, yang kemudian diletakkan di atas dan sejajar dengan kepala pengendara.

Motor Amfibi di Malaysia

Selain itu, keduanya juga mengubah letak saluran udara dan karburator serta membuat pipa menjadi lebih tinggi. Hal ini agar komponen-komponen tersebut tak kemasukan air sehingga mesin masih bisa menyala meski sedang terendam air.

Berkat modifikasi tersebut, kedua motor itu tetap bisa melaju kencang, meski seluruh bodi kendaraan sudah terendam, dan ketinggian air mencapai leher sang pengendara.

Ikram mengaku, pernah melakukan percobaan membuat motor amfibi pada 2018 silam, namun upayanya itu gagal karena motor tersebut mati ketika dibawa ke perairan dalam.

Berita Terkait
hitlog-analytic