Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Teror Yamaha Tricity, Kenali 6 Skuter Quadro yang Kepergok di Karawang

Skuter merek Quadro
Sumber :

100kpj – Rivalitas memperebutkan hati konsumen sepeda motor tampaknya tak hanya melulu soal tipe roda dua. Saat Yamaha berinovasi dengan menghadirkan motor tiga roda lewat Tricity, kini rival-rival baru berdatangan.

Sebelumnya, Yamaha Tricity juga telah punya lawan lewat Piaggio MP3 dan Peugeot Metropolis yang sama-sama mengusung model roda tiga. Kini datang lagi lawan baru dengan bendera Quadro. Kelebihannya tak hanya rodanya tiga, tapi empat.

Pabrikan motor asal Swiss ini memang akan melakukan ekspansi ke beberapa negara baru. Termasuk Indonesia. Sinyal itu semakin kuat setelah tes motor empat roda buatan Quadro ini di Karawang terendus media tanah air.

Quadro Qooder


Nah, tentu menarik untuk mengenal lebih dekat beberapa motor empat roda buatan Quadro ini. Terlebih pada ajang EICMA Milan Motorcycle Show, mereka akan memamerkan beberapa jagoannya. Apa saja itu?

1. Quadro Qooder
Skuter empat roda ini yang diyakini telah menjalani tes di Indonesia. Quadro sendiri mengklaim produk ini punya unggulan soal keamanan bagi pengendaranya yang dinilai setara mumpuninya dengan fitur keamanan mobil.

Quadro Qooder ditanami mesin bensin silinder tunggal dengan kapasitas mesin 399cc. Mesin tersebut dapat memuntahkan tenaga hingga 32 bhp. Tak hanya itu, skuter ini juga punya sistem kemiringan hidraulik yang membuat pengendaranya nyaman bahkan saat menikung sekalipun.

2. eQooder
Sesuai namanya, skuter yang satu ini sebenarnya sama dengan Quadro Qooder. Hanya diganti dengan motor listrik sebagai penggeraknya. eQooder menggunakan baterai lithium-ion 7,2 kWh dan motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga hingga 59bhp.

Untuk daya jelajah dengan baterai sekali isi penuh mampu berjalan sejauh 93 mil atau hampir 150 km. Sedangkan untuk mengisi baterai dari kosong hingga 80 persen membutuhkan waktu empat jam. Itu bukan dengan fast charger tentunya.

3. Quadro xQooder
Menggunakan mesin yang sama dengan Qooder, model ini hanya berubah ujud dengan gaya ban off-road. Selain itu juga telah dipersenjatai part-part pelindung khas motor off-road. Lampu juga sudah LED plus jok juga diubah gaya off-road. Sistem suspensi juga telah diseting untuk berkendara di medan berat.

4. QV3
Selain memboyong motor empat roda, di Milan Quadro juga akan meluncurkan tiga skuter baru dengan model tiga roda. Dengan kata lain, ini akan menjadi rival sejati Yamaha Tricity.
QV3 ditanami mesin bensin silinder tunggal 346cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 28bhp. Dua roda depan dan satu roda belakang juga telah dipasangkan dengan piringan cakram. Lalu untuk roda belakang didukung dua suspensi untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan pengendaranya.

Selain QV3 mesin bensin juga akan diluncurkan versi listriknya dengan sebutan QVe. Skuter listrik ini ditenagai motor listrik dengan baterai 7,2 kWh yang mampu memuntahkan tenaga hingga 24bhp. Sedangkan daya jelajahnya 68 mil atau hampir 110 km. Sedangkan untuk mengisi baterai dari kosong hingga 80 persen butuh waktu lima jam dengan charger bawaannya.

Dan motor tiga roda terakhir yang akan diluncurkan adalah Nuvion. Sebuah skuter yang compact, lebih ringan dan menggunakan mesin combustion. Namun skuter yang satu ini hanya dapat dikendarai dengan lisensi mobil.

Skuter yang satu ini ditanami mesin silinder tunggal 278cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 29 bhp. Tenaga itu disalurkan lewat transmisi CVT ke roda belakang untuk melaju. Tak lupa motor ini juga mengusung sistem kemiringan hydraulic seperti produk lainnya.

Sayangnya, untuk masing-masing harganya masih belum diumumkan hingga saat ini. Tunggu saja saat peluncuran di EICMA yang akan digelar dari tanggal 7 hingga 10 November mendatang.

Berita Terkait
hitlog-analytic