Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tren Jadul Bikin Produsen Ramai-ramai Jual Motor Gaya Vintage

Honda Supercub C125.
Sumber :

100kpj – Era motor retro kian mewabah di Tanah Air. Besarnya potensi pasar akan segmen ini membuat banyak merek sepeda motor mulai menghadirkan sentuhan 'jadul' pada produknya.

Tengok saja Honda dengan produk nostalgia-nya, Supercub C125. Kemudian Kawasaki dengan W175, begitu pula dengan Benelli yang membuat beberapa line-up produk model retro. Barang-barang bergaya retro dipercaya memberi kesenangan tersendiri buat pemiliknya.

Honda Supercub C125.


Menurut builder kenamaan Kickass Choppers, Veroland, besarnya pasar motor bernuansa retro di Tanah Air tak terlepas dari makin melejitnya popularitas custom culture yang lekat dengan nuansa retro di kalangan pencinta roda dua.

Pada hakikatnya, kata salah satu sosok di balik motor chopper Presiden Joko Widodo ini, merupakan sesuatu yang wajar bagi agen pemegang merek roda dua yang mulai menangkap matang permintaan pasar. Hal ini sebenarnya diprediksi sejak beberapa tahun lalu, dan baru kejadian baru-baru ini.

Kata dia, sebenarnya di kalangan pencinta roda dua menginginkan tunggangan klasik dengan mesin agak besar. Tetapi karena regulasi di Tanah Air yang tak memungkinkan alias jadi mahal, lantas para pabrikan memilih kapasitas mesin kecil untuk mengadopsi bergaya vintage.

Benelli Leoncino 250 resmi dirilis di GIIAS 2019.

Kawasaki W175 SE.

"Market ini memang ada, dan industrinya mendukung. Mereka sekarang sadar market-nya laku, makanya mereka buat motor retro atau vintage," kata Vero di Pantai Matahari Terbit, Bali, Sabtu malam, 28 September 2019.

Trik marketing nostalgia ini, menurutnya, bakal terus dilakukan banyak pabrikan selama beberapa tahun ke depan. Apalagi motor jenis retro cukup diterima di kalangan milenial. Di mana para pabrikan hanya sekadar menginstall sederet peralatan kekinian demi menjawab kebutuhan zaman, melengkapi unsur klasik.

Benelli Leoncino 250 resmi dirilis di GIIAS 2019.
Berita Terkait
hitlog-analytic