Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebentar Lagi Bakal Ada Bajaj Canggih Keliaran di Jalanan

Bajaj listrik.
Sumber :

100kpj – Tak lama lagi bakal ada Bajaj canggih yang wara-wiri di jalanan. Bajaj itu tak memerlukan sopir untuk mengemudikan, sebab sudah dibekali teknologi swakemudi.

Ya, adalah Thailand yang berencana menghadirkannya. Seperti diketahui, Bajaj juga cukup populer di sana, diberinama Tuk-tuk.

Seperti dikutip OpenGov Asia, Jumat, 20 September 2019, uji coba Bajaj otonom bertenaga listrik ini akan dilakukan November 2019. Bajaj ini sendiri merupakan hasil kolaborasi pemerintah Thailand dan pihak swasta.



"Program ini membangun kepercayaan, kendaraan otonom dapat digunakan di jalan umum. Hal itu akan mempercepat adopsi teknologi di Thailand," tutur Peneliti Utama dari Badan Pengembangan Sains dan Teknologi Nasional Thailand.

Rencananya, pengujian akan dilakukan selama enam bulan. Di mana unitnya sendiri merupakan akan menggunakan model yang minimalis, dengan layar yang menampilkan kecepatan, serta jumlah listrik di dalam tangki.

Untuk rupa, Bajaj otonom ini masih sama dengan Tuk-tuk yang beredar saat ini. Namun, meski berstatus otonom alias bisa jalan tanpa sopir, namun tetap ada setang di bagian depan.



Ini dihadirkan agar memudahkan penguji untuk memantau percobaa. Andai mengalami error, penguji bisa langsung mengambil alih.

Menurut rencana, layanan ini baru akan hadir pada 2021 mendatang. Produksi Bajaj otonom ini akan sepenuhnya dilakukan di Thailand. Selain Bajaj otonom, Thailand juga mewacanakan menghadirkan taksi robot pada 2022 mendatang.
Berita Terkait
hitlog-analytic