Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hadir Juga di Italia, BRIN Bantah Mata-matai Penemu Nikuba

Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu
Sumber :

100kpj – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan klarifikasi soal dugaan memata-matai penemu Nikuba hingga ke Italia. Pihaknya menyatakan memang ada penelitinya juga yang terbang ke Negeri Pizza tersebut.

Seperti diketahui, Aryanto Misel selaku penemu alat yang diklaim bisa mengubah air menjadi bahan bakar atau Nikuba, diundang ke Italia. Dia ke Italia pada 18 Juni 2023 lalu guna mempresentasikan alat Nikuba kepada beberapa pabrikan otomotif Italia.

BRIN membantah membuntuti Aryanyto ke Italia. Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu, menyatakan bila pihaknya ke Italia atas undangan yang sama, makanya bisa bertemu dengan Aryanto Misel.

"Kebetulan memang betul ada periset BRIN yang datang ke Italia. Dan bertemu, secara kebetulan, juga bertemu dengan pak Misel," kata Haznan Abimanyu di kantornya kawasan Jakarta Pusat, Jumat 14 Juli 2023, dikutip dari Antara.

Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu

"Tidak ada kaitannya sama sekali dengan Nikuba, cuma kebetulan sponsornya sama. Jadi ketemulah. Dan tidak ada pembicaraan soal Nikuba (antara perwakilan BRIN dan Aryanto di Italia)," lanjutnya.

Kabar menyebutkan keduanya diajak perusahaan bernama Octagon Precision Indonesia yang diduga memiliki unit bisnis sebagai pemasaran motor listrik Gesits. Namun dengan tujuan berbeda, Aryanto membawa misi khusus terkait Nikuba, sedangkan periset BRIN memiliki kerjasama soal teknologi motor listrik.

Berita Terkait
hitlog-analytic