Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bayar Jalan Tol Tanpa Sentuh dengan Video Tolling Diuji Coba Desember 2023

Jalan Tol Bocimi Seksi II
Sumber :

100kpj – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Bina Marga akan mencoba sistem transaksi pembayaran jalan tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) gunakan teknologi video tolling.

Uji coba akan digelar mulai Desember 2023. Melansir dari Antaranews, Jumat 29 September 2023, Teknologi ini berbeda dari MLFF berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) yang sebelumnya sudah diuji coba.

Tahapan uji coba sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak November 2023 dalam skala lab. Pada Desember 2023 hingga Januari 2024, baru uji coba akan dilakukan di sejumlah ruas jalan tol.

Setelah itu bakal diimplementasikan Single Lane Free Flow (SLFF) di semua ruas jalan tol secara hybrid mulai Januari 2024 sampai Desember 2024. Pada Januari 2025 dilakukan uji coba berikutnya yakni menerapkan seluruh pembayaran jalan tol melalui video tolling.

Bayar Tol Pakai E-Toll

Seperti disampaikan Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono.

"Saat ini sedang dilakukan langkah-langkah untuk pelaksanaan uji coba penerapan MLFF pada gerbang tol dalam rangka mengurangi antrean dan kualitas pelayanan tol," ujar Triono.

Berita Terkait
hitlog-analytic