Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tolak Bantuan Pemerintah, Penemu Nikuba Mau Jual Alatnya Rp15 Miliar ke Luar Negeri

Penemu Nikuba, Aryanto Misel
Sumber :

100kpj – Sosok Aryanto Misel masih terus jadi perbincangan, selaku penemu alat yang diklaim bisa mengubah air menjadi bahan bakar, atau disebut Nikuba. Terbaru, komentarnya yang menolak bantuan dari pemerintah Indonesia.

Aryanto Misel (67) melalui inovasinya bersama Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., menggagas Nikuba yang dapat mengubah air menjadi energi mesin pembakaran dalam Internal Combustion Engine (ICE) di kendaraan.

“Nikuba ini memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor,” ujar Bapak Aryanto Misel, dikutip dari situs resmi TNI AD, Selasa 11 Juli 2023.

Sayangnya, di Tanah Air penemuan ini tak terlalu mendapat apresiasi yang baik. Malah Aryanto Misel selaku penemunya diundang ke Italia pada 18 Juni 2023 lalu guna mempresentasikan alat Nikuba kepada beberapa pabrikan otomotif Italia.

Nikuba alat pengubah air jadi bahan bakar motor

Aryanto mengaku memang sudah tak butuh bantuan pemerintah untuk mengembangkan penemuannya ini. Hal itu dia sampaikan dalam sebuah wawancara televisi yang kemudian diunggah ke media sosial oleh akun Instagram Undercover.

"Dari pihak otomotif di Milan antusias sekali ya pak," kata Aryanto.

Berita Terkait
hitlog-analytic