Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

BRIN Akui Air Sangat Mungkin Jadi Pengganti BBM, tapi Dengan Satu Syarat

Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Haznan Abimanyu
Sumber :

100kpj – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali memberikan pandangannya terkait alat yang bisa mengubah air menjadi bahan bakar, atau disebut Nikuba. BRIN menyatakan air bisa jadi pengganti BBM, akan tetapi ada syaratnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur (OREM) BRIN, Haznan Abimanyu. Menurutnya, air bisa jadi bahan bakar di masa mendatang, jika memang BBM sudah benar-benar habis.

"Sangat mungkin, dengan syarat satu, BBM-nya habis. Yang kedua, kalaupun BBM-nya masih ada, apakah energi air yang dihasilkan sebagai bahan bakar setara atau melebihi bahan bakar yang sekarang (BBM), dan harganya setara atau lebih murah dari bahan bakar yang sekarang," ujar Haznan, dikutip dari situs resmi BRIN, Selasa 18 Juli 2023.

Nikuba alat pengubah air jadi bahan bakar motor

Perihal Nikuba, Haznan mengatakan pihaknya belum pernah melihat secara langsung teknologi apa yang digunakan pada alat tersebut. Maka itu, pihak BRIN menawarkan untuk adanya penelitian terhadap Nikuba.

"Apakah nikuba punya kebaruan, saat ini saya tidak bisa menilai karena saya belum pernah melihat teknologinya. Namun kami sudah menawarkan nikuba supaya diuji di lab kami, kami terbuka," katanya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bila sebuah penemuan harus melewati tahap-tahap penelitian. Pertama adalah ide, yang diidentifikasi apakah bisa atau tidak mungkin dilakukan penelitian.

Berita Terkait
hitlog-analytic