Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Rincian Pelanggaran Lalu Lintas dan Jumlah Poin yang Bikin SIM Bisa Dicabut

Polisi Tilang Moge
Sumber :

100kpj – Pemberian poin kepada pemegang surat izin mengemudi (SIM) yang melakukan pelanggaran lalu lintas akan dilakukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, meminta aturan ini segera disosialisasikan.

Sebenarnya Landasan dari aturan tilang poin ini sudah terdapat dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penertiban dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Listyo Sigit ingin masyarakat menjadi lebih patuh berlalu lintas.

"Karena harapan kita bukan karena kita pengin memberikan poin, tapi bagaimana supaya masyarakat menjadi lebih patuh berlalu lintas. Jadi ini dipersiapkan," kata Listyo, Selasa 26 September 2023.

"Saya kira bagus, namun sosialisasinya juga harus kuat sehingga kemudian pada saat mendapatkan poin yang kemudian berdampak terhadap risiko pencabutan (SIM), ini bisa diterima dengan baik. Jadi hal-hal tersebut tolong disosialisasikan," lanjutnya.

Perlu diketahui, nantinya poin ini adalah nilai yang diberikan kepada pengendara setiap melanggar lalu lintas hingga kecelakaan. Poin dibagi berdasarkan pelanggaran dan kecelakaannya.

Setiap perilaku pemilik SIM akan dicatat secara elektronik dalam Sistem Informasi Pelanggar dan Kecelakaan Lalu Lintas (SIPKLL) pemilik SIM. Nantinya, sanksi bisa diberikan mulai dari SIM ditahan hingga dicabut.

Smart SIM.
Berita Terkait
hitlog-analytic