Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kendaraan yang Tak Lolos Razia Emisi Langsung Tilang, Denda hingga Rp500 Ribu

Pemeriksaan Uji Emisi Kendaraan
Sumber :

100kpj –  Razia uji emisi kendaraan baik motor maupun mobil telah resmi digelar mulai hari ini, Jumat 1 September 2023. Kegiatan ini digelar oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup DKI.

Pemeriksaan emisi digelar di Kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan. Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengatakan, selain kendaraan warga, kendaraan dinas kepolisian juga dilakukan uji emisi.

"Kami memastikan melakukan kegiatan uji emisi bagi kendaraan dinas, bahwa kami juga tertib aturan. Apa yang berlaku di masyarakat, berlaku juga di kami semua," ujar Doni pada wartawan.

Doni mengatakan kendaraan operasional milik anggota Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya yang tak lulus uji emisi pada hari ini juga akan ditilang. "Untuk itu rekan-rekan (anggota polisi) kalau nanti ditemukan dan hasil tidak lulus uji juga akan berlaku pengenaan sanksi. Ini tolong taati karena kami juga berlaku apa yang juga berlaku di masyarakat," lanjutnya 

Doni mengatakan, sanksi tilang untuk pengendara sepeda motor dan mobil yang melanggar aturan uji emisi gas buang di Jakarta resmi berlaku mulai hari ini. Razia uji emisi ini Diketahui diberlakukan setelah satu pekan diuji coba oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, dan Kodam Jaya sejak 25 Agustus 2023.

"Ke depan kami baru tahap awal per seminggu sekali, berubah lokasinya. Jadi tidak sama lokasi itu-itu saja," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto di Gedung Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jumat, 1 September 2023.

Uji Emisi
Berita Terkait
hitlog-analytic