Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan V-Twin, Harley Murah yang Mau Masuk RI Pakai Mesin Benelli

Moge Harley yang bakal dijual murah.
Sumber :

100kpj – Pabrikan asal Amerika Serikat, Harley-Davidson segera meluncurkan sepeda motor ‘murah’ bermesin kecil. Proyek yang diyakini selesai 2020 mendatang itu merupakan kerja kemitraan antara pabrikan dan perusahaan otomotif asal Cina, Qianjiang Motorcycles.

Hal tersebut membuat jantung mekanik Harley tidak menggunakan komposisi mesin yang sama dengan sebelumnya. Bahkan, menurut pihak Benelli Indonesia, selaku agen resmi yang akan menjual motor itu di Tanah Air, nantinya Harley versi murah akan dibekali mesin yang sama dengan kuda besi milik Benelli di kelas sepadan.

“Menariknya, Harley-Davidson kan selalu identik dengan V-Twin ya? Tapi untuk motor yang ber-cc 338 ini, mereka akan pakai mesin milik Benelli,” ungkap Direktur Benelli Indonesia, Steven Kentjana Putra, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tetapi, pria yang akrab disapa Steven itu tidak mengungkapkan, mesin Benelli seperti apa yang akan ditanamkan ke motor tersebut. Sebab, kata dia, keterangan terkait hal itu baru akan ia terima, saat pihaknya mengadakan pertemuan dengan perwakilan Harley-Davidson bulan depan.

Update selanjutnya, tunggu setelah GIIAS, ya,” ucapnya.

Keputusan Harley-Davidson menyeburkan diri ke industri motor bertenaga kecil, sebenarnya sempat mengejutkan banyak pihak. Sebab, selama ini, pabrikan yang bermarkas di Milwaukee, Amerika Serikat itu selalu dicitrakan sebagai penghasil kuda besi premium bermesin akbar.

Namun, Steven meyakini, langkah yang diambil Harley sudah tepat. Mengingat, kata dia, pasar sepeda motor bertenaga besar perlahan mulai lesu. Itulah mengapa, hadirnya produk Harley bermesin kecil itu dipercaya mampu meningkatkan minat konsumen di kelas menengah.

“Saya sangat bersyukur sekali dengan kerjasama itu. Sekarang semua orang berpeluang punya Harley,” tutup dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic