Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Kena Jiplak Motor China Lagi, Kali Ini Korbannya CB150R Exmotion

Yinben YB200-A.
Sumber :

100kpj – Belakangan produsen sepeda motor kenamaan terus gencar mendaftarkan paten desain produk-produknya. Tujuannya, agar memiliki kekuatan hukum jika mengalami pembajakan dari pihak-pihak lain.

Hal tersebut tentu sangat beralasan, mengingat produsen motor China kian massif melakukan copy paste motor-motor buatan Jepang dan Eropa.

Salah satu motor yang kena copas adalah CB150R Exmotion. Sebab ada sebuah pabrikan otomotif di Tiongkok, bernama Yinben Motor, membuat kloningannya dengan nama Yinben YB200-A.

Bisa ditebak, tampilannya identik dengan CB150R ExMotion, walau ada beberapa perbedaan.



Seperti dikutip Momo Motorbike, Selasa 18 Juni 2019, Yinben merupakan produk asal China yang punya banyak produk kloning. Produknya sudah dijual di beberapa negara di Asia.

Berdasarkan catatan kiprah, sejak awal 2000-an, Yinben sudah mengkloning beberapa produk motor sport, mulai dari Bajaj Pulsar, Benelli TNT, sampai moge Kawasaki Z1000.



Kembali ke Yinben YB200-A, motor ala Neo Cafe Racer ini hadir dengan bentuk lampu utama yang membulat, termasuk pada sektor tangki bahan bakar, hingga bagian buritan. Suspensi depannya sudah menganut model upside down.



Identik dengan CB150R Exmotion, nampak kentara pada banyak bagian, hingga juga terlihat pada jok, pelek, swingarm, serta knalpot. Kemiripan juga terlihat dari rem cakram di roda depan.



Tetapi untuk mesin, YB200-A berbeda dengan CB150R Exmotion yang mengusung mesin 150cc.
Berita Terkait
hitlog-analytic