Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengupas Isi Garasi Menko Polhukam Mahfud MD Yang Dipanggil Habib

Mahfud MD
Sumber :

100kpj – Sejak Habib Rizieq Shihab kembali ke Tanah Air, ada sejumlah kontroversi yang menjadi perbincangan publik. Mulai dari penjemputan dirinya yang dibanjiri massa, hingga menggelar pesta pernikahan putrinya.

Selain itu, gelar habib yang disandang pemimpin FPI (Front Pembela Islam) tersebut juga menjadi pro dan kontra. Terlebih saat artis Nikita Mirzani dengan berani menyebut, arti habib yang dimaksud adalah tukang obat.

Padahal apa yang disampaikan Nikita tidak sepenuhnya benar. Beberapa faktor yang membuat seseorang dipanggil habib. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Koodinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

“Banyak orang tak paham arti habib. Habib itu sebutan hormat, dan sayang kepada seseorang. Misal kepada rector, menteri, dirut PJKA. Tak semua yang dipanggil habib keturunan Nabi,” tulis status Twitternya pada 2018 lalu.

Mahfud MD menyebut, keturunan Nabi Muhammad SAW terbagi menjadi dua jalur, yakni Hasan dengan sebutan Syarif untuk laki-laki, dan Syarifah bagi perempuan. Sedangkan jalur Husein disebut Sayyid atau laki-laki, dan Sayyidah alias perempuan.

Hasan dan Husein adalah cucu Rasulullah yang merupakan putra pasangan Ali Bin Abi Thalib, dan putri Nabi Muhammad, yaitu Fatimah Az Zahra. Lebih lanjut Menkopolhukam itu menyebut, tidak semua keturnanannya dipanggil habib.

“Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi, dan ketemu orang sering dipanggil habib. Pernah mendapatkan surat dalam Bahasa Arab, yang ditujukan kepada Alhabib Mahfud,” tuturnya melalui Twitter.

Berita Terkait
hitlog-analytic