Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Perang Buatan Pindad Dijual Umum, Tapi Harganya Bikin Kaget

Prabowo uji coba rantis 4x4 buatan Pindad bernama Maung
Sumber :

100kpj – Demi meningkatkan industri alutsista lokal, PT Pindad sebagai manufaktur militer Indonesia baru saja menciptakan mobil perang. Produk terbaru yang diberinama Maung itu sudah dicoba langsung Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, Maung adalah kendaraan taktis yang dikembangkan sejak satu tahun lalu. Sejumlah teknologi telah disesuaikan yang diadopsi dari kendaraan Insfanteri TNI Angkatan Darat.

“Beberapa kali uji coba dengan berbagai mesin, akhirnya kita pakai diesel 2.400cc,” ujarnya saat dihubungi 100KPJ, Senin 13 Juli 2020.

Prabowo uji coba rantis 4x4 buatan Pindad bernama Maung

Mesin peminum solar buatan Jepang tersebut dikombinasikan dengan penggerak 4x4, dan untuk sektor kaki-kakinya mengandalkan MacPerson independen dengan torsion axle. Sehingga mobil taktis tersebut dapat melahap semua medan jalan.

“Kendaan ini diesel four wheel, indenpend depan. Kecepatan di tol 120 kilometer per jam yang aman, tapi bisa sampai 140 km per jam,” tuturnya.

Berkaca pada kecepatan tersebut kendaraan taktis rakitan lokal itu termasuk gesit, mengingat bobotnya yang cukup berat jika dibandingkan Sport Utility Vehicle pada umumnya. Kapasitas tangki Maung juga cukup besar, yakni mencapai 80 liter.

Berita Terkait
hitlog-analytic