Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Deretan Jet Tempur Canggih yang Masuk dalam Radar Menhan Prabowo

Menhan Prabowo Subianto
Sumber :

100kpj – Setelah dilantik sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia periode 2019-2024, Prabowo Subianto sudah beberapa kali mengubah pilihannya terkait upaya Tanah Air membeli jet tempur dari negara lain. Namun hingga kini, dirinya masih terkesan bingung dan belum memantapkan pilihannya.

Pada awalnya, Ketua Umum Partai Gerindra itu sempat mengincar beberapa unit jet tempur asal Prancis yang bernama Dassault Rafale setelah negosiasi Indonesia dan Rusia dalam pembelian 11 unit Sukhoi SU-35 tak kunjung menemukan titik terang. Akan tetapi, layaknya orang sedang bimbang, Prabowo masih terus menimbang-nimbang.

Baca juga: Pak Prabowo, Jadi Enggak Beli Jet Tempur Baru?

Menariknya, pada pertengahan bulan lalu, dirinya justru mengadakan pertemuan tertutup dengan Menhan Rusia, Sergey Shoygu di Moskow. Kabarnya, diskusi tersebut melahirkan satu kesepakatan baru, yakni terjalinnya kembali hubungan antar negara terkait pembelian SU-35. Malah, beberapa media memberitakan, unit pesawat akan tiba dalam waktu dekat.

Prabowo Subianto

Namun drama yang melibatkan Prabowo dan jet tempur incarannya tak berhenti di situ. Sebab, pembelian SU-35 dari Rusia yang sudah menemui kata sepakat, rupanya kembali terancam batal setelah adanya ancaman sanksi ekonomi dari Amerika Serikat melalui aturan yang tertulis di Countering America's Adversaries Through Sanctions Act.

Tak hanya memerintahkan Indonesia untuk membatalkan kontrak pembelian Su-35 dari Rusia, pihak AS juga menawarkan Indonesia untuk membeli F-16 buatannya. Namun demikian, Indonesia menolak dan lebih tertarik membeli F-35 karena jet tempur itu dikembangkan dalam program Joint Strike Fighter atau JSF dengan para negara mitra.

Berita Terkait
hitlog-analytic