Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Anies Ubah Jadwal Transportasi Demi Cegah Corona, Ini Efeknya

Antrian Busway
Sumber :

100kpj – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona di Jakarta, salah satu caranya dengan mengubah jadwal pelayanan transportasi umum di Jakarta.

Namun, kebijakan yang tadinya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, ternyata menyebabkan penumpukan penumpang yang mengular di setiap halte maupun statisun transportasi publik tersebut.

Menurut informasi yang diposting oleh akun Instagram @jktinfo, kebijakan pembatasan layanan transportasi umum di Jakarta ini memberikan dampak yang sangat luar biasa. "Pantauan di sejumlah halte Transjakarta dan stasiun MRT imbas adanya pembatasan layanan transportasi umum untuk mencegah penyebaran Covid-19 di ruang publik,” tulis akun jktinfo yang dikutip pada Senin, 16 Maret 2020.

Dari gambar yang diunggah, antrean terlihat di Stasiun MRT Dukuh Atas, Stasiun MRT Lebak Bulus, Terminal Bus Ragunan, Halte Busway Ragunan, Halte Puribeta 2 Koridor Transjakarta 13, Terminal Kalideres, Halte Busway Pulogadung dan Halte Busway Sunan Giri.

Diketahui, Gubernur DKI Anies Baswedan mencabut sementara kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Jakarta. Kemudian, Anies juga membatasi jam operasional beberapa moda transportasi seperti MRT, LRT dan Transjakarta untuk mencegah penyebaran virus corona, mulai Senin, 16 Maret 2020 hingga 30 Maret 2020.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi DKI menurunkan kapasitas pelayanan secara ekstrem. Misalnya, untuk transportasi MRT yang jadwalnya melayani tiap 5-10 itu hanya tersedia 10 menit. Kemudian, jumlah gerbong MRT juga dipangkas menjadi 3 sampai 4 gerbong dari 16 gerbong yang tersedia.

Selanjutnya, ada juga pembatasan jumlah orang yang di stasiun MRT dan halte Transjakarta. Misal, dalam gerbong MRT biasanya 300 orang itu dikurangi menjadi 60 orang saja. Untuk LRT, semula tiap 10 menit menjadi 30 menit. “Waktu operasi semula dari jam 5 pagi hingga jam 11 malam, menjadi jam 6 pagi sampai jam 6 sore,” kata Anies yang dikutip dari VIVA.

Berita Terkait
hitlog-analytic