Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Cara Malaysia Bikin Awet Jalan Raya, Indonesia Mesti Belajar?

Jalan Raya Malaysia
Sumber :

100kpj – Malaysia merupakan salah satu negara dengan infrastruktur maju di kawasan Asia Tenggara. Hal itu bisa terlihat melalui bangunannya yang berdiri rapi, serta jalan raya teratur dan juga bersih.

Selain itu, jalan-jalan besar di Malaysia, terutama di pusat kota seperti Kuala Lumpur, jarang sekali terlihat ada yang berlubang atau penuh undakan dan bergelombang. Pemerintah Negeri Jiran rupanya memiliki cara unik dalam hal pembangunannya. Tak seperti negara kebanyakan, Malaysia menggunakan karet sebagai bahan campuran aspal di jalan raya.

Baca juga: Beda Aturan Lalu Lintas di Malaysia dan Indonesia, Lebih Maju Mana?

Menurut Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Fadillah Yusof, jalanan bercampur karet ini dipilih karena dianggap dapat menghemat biaya, lebih awet, serta tahan lama.

Jalan Raya Kuala Lumpur, Malaysia

Karet itu, kata dia, nantinya akan dibulatkan kecil-kecil seukuran cangkir untuk selanjutnya dicampur dan disebar merata ke dalam aspal.

"Perhitungan itu didasarkan pada penggunaan karet seismik pada struktur bangunan yang dapat menyerap guncangan, terlebih adanya ancaman gempa di Malaysia," ujar Yusof seperti dilansir Reuters, Jumat 13 Maret 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic