Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Punya Spek Canggih, Berapa Harga Truk Listrik Mitsubishi Fuso?

Mitsubishi Fuso eCanter
Sumber :

100kpj – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor Mitsubishi Fuso memperkenalkan truk listrik di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020.Truk tersebut diberi nama eCanter, lalu berapa harganya?

KTB memperkenalkan eCanter untuk kali pertama, ini juga untuk mensosialisasikan kecanggihan teknologi truk elektrik. Dua tahun lalu KTB telah memperkenalkan prototype eCanter, dan kini KTB membawa serta eCanter yang telah disempurnakan.

Baca Juga:
Menperin Pastikan Virus Corona Tak Ancam Produksi Kendaraan di RI

PSI Minta Pemprov DKI Tak Perlu Malu Batalkan Formula E

Dunia Digempur Corona, Isuzu: Kalau China Batuk, Indonesia Ketularan

Truk listrik ini juga telah diproduksi secara massal, serta telah dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa Negara Eropa, yang diperuntukkan bagi konsumen fleet. Untuk di Jepang sendiri, eCanter disewakan.

eCanter sepenuhnya beroperasi secara elektrik, tidak mengeluarkan gas buang, bebas kebisingan dan getaran, mengurangi efek negatif terhadap lingkungan secara signifikan. Saat dicoba di GIICOMVEC, truk benar-benar tanpa suara saat berjalan.

Selain itu, dibandingkan dengan kendaraan diesel konvensional, eCanter lebih sedikit getaran, serta mengurangi beban fisik pada pengemudi; dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik.

Mitsubishi Fuso eCanter


Akan tetapi, truk ini rupanya masih sekedar untuk pameran saja. Truk listrik untuk segmen niaga medium ini belum dijual secara masal di Indonesia.

“Belum dijual, belum dalam waktu dekat,” ujar Duljatmono, Direktur Sales and Marketing PT KTB usai acara perkenalan eCanter di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 5 Maret 2020.

Ketika ditanya terkait harga jika seandainya Mitsubishi Fuso eCanter mulai dijual di Indonesia, pria yang akrab disapa Momon itu mengaku sampai saat ini dirinya sama sekali belum memikirkan soal itu.

“Kami belum menyediakan harga untuk Mitsubishi Fuso eCanter. Sampai saat ini saja di Jepang penggunannya melalui sistem sewa,” tegasnya.

Baca Juga:
Siap Meluncur, Begini Tampilan Toyota Agya Terbaru

Mobil Baru Batman Tampil Beda dan Lebih Galak

Duh, Virus Corona ‘Pukul’ Pasar Otomotif Indonesia

Truk dengan model 7C18/FEB80 ini menggunakan motor listrik bertenaga 135 kW (184 PS) dan torsi 390 Nm. Mitsubishi Fuso eCanter sendiri memiliki 6 modul baterai bertegangan tinggi dengan jarak tempuh sejauh 100km dari posisi penuh dan beban 75%.

Untuk pengisan daya, Mitsubishi Fuso eCanter memerlukan waktu 9 jam di metode AC, dan 1,5 jam di metode pengisian DC alias fast charging. Mitsubishi Fuso eCanter juga mendukung regenerasi daya yang ditransformasikan dari gerakan roda. Untuk fitur,

Mitsubishi Fuso eCanter dibekali dengan kunci elektronik, ABS, ESP, dan juga lane departure warning. Kapasitas maksimal dari Mitsubishi Fuso eCanter sendiri mencapai 2 hingga 4 ton.

Spesifikasi Lengkap eCanter:

Model : 7C18 / FEB80
Driver'sCab : Wide Cab
Wheelbase : 3:4 m
Max Payload : 2-4 ton
Brake Type : Disc Brake
High Voltage Battery : 6 high voltage battery modules with 420 volt dan 13,8 kWh each
Low Voltage Battery : 2 volt
Electric Output : 139 kW dan 390 Nm.
Transmisi : Constant Reduction

-6 modul baterai bertegangan tinggi: jarak tempuh 100 km dengan baterai penuh dan muatan 75 persen
-Metode pengisian daya feksible: AC (~9 jam), DC pengisian daya cepat (1.5 jam)
-Regenerasi daya: mentransformasi gerakan roda untuk mengisi daya baterai
-E-motor dan gearbox bertenaga. Daya maksimum: 135Kw / 184 PS, torsi maksimum 390 Nm / 39.7 kgm
-Kunci electronik, lebih aman dan nyaman
-Fitur keselamatan: fitur bantuan pada saat di tanjakan, anti-lock braking system, electronic stability program agar kendaraa tetap stabil, serta sistem lane departure warning agar kendaraan tetap dalam jalur

Berita Terkait
hitlog-analytic